Selasa, 02 Februari 2010

Nilai bagus.. Halal atau Haram tuh??? (tentang konsep Al-ilmu Nuurun)



Nilai bagus dan jadi juara kelas (atawa minimal masuk 10 besar dikelas deh) itulah hal yang selalu terfikir dalam otak para pelajar kita. Gak heran kalau berbagai macam cara, trik dan strategi telah mahir dilakukan para pelajar, baik yang HALAL maupun HARAM. Nah loh... ada yang ngerasa tersindir gak nih??? :P. Nah kali ini kita bakalan bahas tentang ilmu. Hmmm jadi ingat sebuah hadist yang biasanya diplesetkan oleh anak muda nih, yups "Al-ilmu nuurun alias Ilmu adalah cahaya". Nah nah pasti pengen khan bercahya bak binta kejora?? hehehe. Cara umum yang banyak dipakai yaitu dengan "Al-ilmu nuurun", ilmu hasil NUURUN alias NYONTEK hehehe gak lah..


Al-ilmu nuurun, ilmu adalah cahaya. Nih ukhti kasih sebuah perumpamaan. Suatu saat di malam hari, kalian pasti pernah mengalami saat tiba-tiba listrik padam. Padahal kalian sedang berada di kamar, sendirian pula (hedu.. awas tuh dibelakang.. :p). Apa yang terjadi? Gelap. Habis itu kamu berjalan sambil meraba-raba, nyari lilin. Lilin memang ketemu, tapi korek di mana? Kamu meraba-raba lagi, gak ketemu-ketemu. Terus kamu inget punya HP. Kamu cari itu HP, meraba-raba lagi dalam gelap. Ketemu. Nah selanjutnya kamu pake lampu di HP kamu buat nyari korek buat ngehidupin lilin. Nah susah ya kalo gelap?

Korek api belum ketemu, tiba-tiba BYAR, listrik udah hidup lagi. Terang-benderang. Baru keliatan, korek api ternyata berada di dekat jendela. Padahal kamu tadi sudah meraba-raba di situ, tapi kok gak nemu (haduh Capek deh deh deh)

Nah, begitulah perumpamaan antara orang yang berilmu dengan yang tidak tahu, antara gelap dan terang, antara buta dan dapat melihat dengan normal.

‘Abdullah bin Mas’ud dan Masruq berkata, “Cukuplah ilmu membuat seseorang takut kepada Allah, dan sebaliknya kebodohan menyebabkan seseorang lalai dari mengenal Allah.”

Nah nah nah... kalau ilmu yang didapat aja dari sesuatu yang TIDAK HALAL, bagaimana ilmu itu bisa membuat kita merasa takut pada Allah?? Astaghfirullah.. miris banget khan??

ukhti/akhi, fenomena contek menyontek ataw kerpek mengerpek pastinya udah biasa berlalu lalang di sekitar kita. Dan mungkin sebagian besar kita nganggap nyontek sebagai hal biasa. Padahal kalo kita perhatikan, ini nyontek tuh perbuatan curang yang memalukan. Selain bohong ama guru dan ortu, nyontek berarti membohongi diri sendiri. Aneh ya, padahal kita biasanya marah kalo dibohongi orang lain. Tapi kok mau dan rela dibohongi diri sendiri. Malah, ga sedikit yang bilang kalo nyontek itu sama dengan mencuri dan termasuk korupsi kecil-kecilan. Naudzubillah. Bayangin, cewek cantik/cowo ganteng, caeum, dan kiut abiz, ternyata NYONTEK! Idih ga ada bedanya ama maling jemuran yang babak belur digebukin massa dan digelendeng masuk penjara.

Bayangin ajah lawong yang ganteng/cantik aja malu maluin banget, nah udah kurang ganteng/cantik NYONTEK lg hehehe, itu identik ama pejabat koruptor yang makan duit rakyat, alias rela makan bangkai saudaranya sendiri. Iih... bakso dan soto masih enak, ngapain makan bangkai.


Hmm, Rasulullah bersabda : "Barangsiapa mencurangi kami maka bukan dari golongan kami" (Hadist Riwayat Muslim).

Haduh haduh, kalau bukan golongan Nabi Muhammad, teyuz golongan apa dunk? Dalam agama kita cuma ada 2 golongan, kalau ndak golongan Rosul alias taat pada Allah, pastilah golongan syaiton.. Naudzubillah.. Pasti gag maukan gaul ama syetan??

So,, kalau ga mau dicap sebagai genknya syetan, jangan deh melakukan 'keterampilan' itu.. Percuma saja kan kalau nilai kita sempurna, daper peringkat tapi hasil pembohongan public.. Ilmu kita gak akan bercahaya.. Nah, bagi yang masih melakukanya segeralah bertaubat dan juga ingatkan sahabatmu. Ganbatte kudasai!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar