Jumat, 15 Juli 2011

::: Sempurnanya Wanita Yang Layak Dicintai :::

Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang menghidupkan Allah dalam jiwanya, membahana kedalam sanubarinya, meluap dari setiap ucapannya, tercermin dalam perilakunya, sehingga iman menempati pilar kokoh yang membentengi prinsipnya. Iman mendasari hidup yang senantiasa mengikuti setiap gerak langkahnya

Wanita yang layak dicintai menyadari betul bahwa iman yang kuat bisa dijadikan modal abadi , yang tidak akan habis dimakan waktu juga tidak bisa luntur oleh kondisi apapun

Wanita yang layak dicintai tidak akan menjadikan kecantikan yang dimilikinya sebagai kebanggaan , yang dapat menjerumuskan karena sifat tinggi hati atau sombong


Wanita yang layak dicintai senantiasa memuja keimanannya. Kemuliaan akhlak akan menjadi mahkota yang senantiasa dia upayakan untuk memilikinya

Wanita yang layak dicintai akan menghadapi musibah dengan penuh kesabaran dan menyerahkan semua urusan hanya kepada Allah

Wanita yang layak dicintai mempunyai sifat rendah hati. Berpikiran positif. Senantiasa bersyukur baik dalam keadaan sehat maupun sakitnya. Dalam keadaan sehat dia akan merasakan nikmatnya ibadah. Selalu taat kepada Allah sebagai bukti rasa syukur atas kenikmatan yang telah diberikan Allah. Selalu memandang kebawah dalam hal melihat kenikmatan.


Wanita yang layak dicintai berorientasi masa depan. Masa lalu yang baik disyukuri. Masa lalu yang jelek dijadikan cermin agar tidak terulang kembali. Tawakkal.
Tidak ada manusia yang bersih dari kesalahan dan dosa. Kesedihan tidak akan pernah membuat sesuatu yang telah terjadi kembali lagi.

Wanita yang layak dicintai perilakunya menawan hati, dia selalu menjaga kemuliaan akhlaknya, dia selalu menghargai orang lain seperti menghargai dirinya sendiri. Dia senantiasa menjaga kebersihan hati dan lisannya sehingga pribadinya sebagai wanita muslimah tidak dapat diragukan lagi. Dialah sosok wanita sholehah yang layak dicintai (QS annur ; 26)
"Wanita-wanita yang keji adalah untuk laki-laki yang keji dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita-wanita yang keji pula, dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita-wanita yang baik pula"

Wahai wanita janganlah menjadi jiwa pendendam karena dengan memelihara dendam berarti telah menorehkan satu titik hitam didalam hatinya yang putih.
Dan janganlah menghabiskan usiamu hanya untuk berselisih tanpa kebaikan . Dengan demikian ia telah menaburkan kabut hitam dihatinya sebagai tampak darinya nilai-nilai kebenaran.

Wanita yang layak dicintai selalu tetap tenang dengan segala hal yang menimpa dirinya. Dia percaya sikap tenang akan melahirkan keputusan dan sikap yang baik pula.
Seorang wanita yang layak dicintai senantiasa berwudhu, lalu sholat dan membaca alquran agar dirinya tenang. Dia selalu berprasangka baik pada Allah sesuai dengan firmannya:

"Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri "(Qs Yunus 44)


Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang berwibawa dan bersikap anggun sebagai seorang wanita. Wanita yang malu membuka auratnya. Malu adalah sebagian dari iman asalkan malu tersebut karena Allah. Senantiasa berusaha menutup auratnya. Menyambung ikatan keluarga dan menjalin silaturahim, Menghormati tetangga dan menyantuni anak yatim

Wanita yang layak dicintai akan senantiasa bertutur dengan lembut dan berprilaku dengan santun, yang bisa menyenangkan semua orang. Senantiasa mengisi hidupnya dengan kelembutan dan menjauhkan diri dari kemarahan terhadap orang yang telah berbuat kesalahan pada dirinya. Bila menegur dengan lembut,Bila menyuruh , melarang dan menolak dengan lembut.

Wanita yang layak dicintai bersikap dan berprilaku mulia.Taat beribadah, mengisi gubuknya dengan mendirikan sholat 5 waktu, berpuasa dan bersedekah serta amal sholeh lainnya. menutup aurat, merasa nikmat dalam melaksanakan rukun islam, bibirnya selalu basah dengan senantiasa berzikir pada Allah. beristigfar terhadap segala dosa dan bertaubat dengan tekad tidak akan mengulanginya kembali. Berkata Insyaallah bukan hanya sekedar pengelak halus. Tidak mengobral janji. Dan menghukum diri apabila lupa pada janji.Ibadah yang dilakukan didasari pada kepatuhan melaksanakan kewajibannya sebagai makhluk Allah.
Selalu mensyukuri nikmat yang diterimanya dengan cara taat beribadah. Rajin bangun malam , beristigfar dan sholat tahajjud.


Wanita yang layak dicintai dapat dipercaya.
Muslim yang baik akan menjadi kuburan bagi aib orang lain, sunyi, senyap, terkubur dalam-dalam.

Wanita yang layak dicintai adalah seorang yang pemurah
Senantiasa rajin berinfak dan sedekah.

Wanita yang layak dicintai bersikap istiqomah. Mempunyai sikap yang konsisten dalam hal2 yang baik.
Jika melakukan dosa segera kembali bertaubat, ketika lupa hapalan alquran dia segera kembali mengulangi hapalan itu.karena keinginannya untuk terus maju dan istiqomah

Wanita yang layak dicintai mempunyai kesabaran yang menentramkan hati. Sabar dalam beribadah. Sabar ketika mendapat musibah. Sabar dalam menolak maksiat.
Wanita yang layak dicintai akan banyak memperdalam pengetahuannya tentang isi kandungan Alquran

Wanita yang layak dicintai dia juga mempunya nafsu akan tetapi dia mampu mengekangnya dengan penuh kesabaran dikala hawa nafsu dalam dirinya mengajak kepada arah kemaksiatan.

Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang setia lahir dan batin pada pasangannya.
Memberikan pelayanan yang terbaik pada pasangannya, itu dilakukan bukan karena takut pada pasangannnya tetapi karena takut kepada Allah. Kesetiaannya disebabkan ikatan yang menyatukan hati mereka adalah ikatan berdasarkan kriteria agama bukan harta dan keturunan ataupun ketampanan dll.

Wanita yang layak dicintai adalah wanita yang rajin, banyak pilihan yang bermanfaat. Mengisi kegiatan- kegiatan yang dinilai positif.

Wanita yang layak dicintai adalah adalah wanita yang selalu senyum.
Wanita yang senantiasa memancarkan kesejukan dalam jiwanya, menebarkan kebahagiaan bagi orang-orang disekitarnya.
Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan melalui senyuman:
1. Berbicara dengan senyuman bisa meleburkan kekakuan.
2. Memberikan nasehat dengan senyuman merasa tidak digurui
3. Melarang dengan senyuman , merasa tidak dipojokkan sebagai terdakwa, tetapi pengingat saja

Wanita yang layak dicintai selalu melakukan hal-hal yang bermanfaat tidak akan menghabiskan waktu untuk hal yang sia-sia. Ibarat lebah yang memberikan manfaat bagi semua orang, hasil yang diberikannya madu.

Seorang wanita yang layak dicintai menyadari bahwa umur kita sesungguhnya adalah waktu yang kita gunakan untuk berbuat amal kebaikan, untuk kegembiraan setelah bisa membahagiakan orang, untuk ketenangan setelah bisa menghibur orang yang sedang bersedih. Untuk mencapai keridhoan Allah dan rasa syukur kepada Allah
Sedangkan jika kita serakah memakai harta tanpa menyisihkan sebagian untuk fakir miskin, dengki dengan kesuksesan orang, keluh kesah karena kepuasan nafsunya tidak kunjung cukup-cukup. Sedih karena selalu ada saja yang menandinginya, maka hal ini tidak termasuk umur kita.
Kita semua harus menyadari bahwa umur kita terbatas, menyadari bahwa kita lagi antri menunggu giliran malaikat izrail mencabut nyawa kita

Wanita yang layak dicintai menjaga kesehatan dan keindahan. .
Menjaga kesehatan pribadi jasmani dan rohani.Wanita yang layak dicintai tidak akan melalaikan kebersihan tubuhnya, menyenangi keindahan, senantiasa membiasakan berbuat kebaikan sekalipun kecil.

Wanita yang layak dicintai tidak gila dunia.
Wanita yang layak dicintai tidak menjadikan harta sebagai pedoman bagi hidupnya. Tidak membeda - bedakan teman ( kaya dan miskin). Bersabar tatkala sedang dalam kemiskinan. Dia siap menghadapi bagaimana susahnya berada dalam kesulitan.
Bersyukur tarhadap ketetapan Allah dan tidak melakukan hal bodoh yang akan dimurkai Allah atau keluar dari jalan Allah.
Harta itu semu, lambaian nya bayang-bayang, janjinya palsu, kenikmatannya sesaat dan penuh dengan penipuan, Cintanya bukan kasih sayang tetapi durjana, Pertolongannya menjerumuskan kejurang nista, kesetiaannya adalah bohong belaka, rayuannya gombal, tanggung jawabnya memberatkan beban apabila kita memujanya...

Wanita yang layak dicintai :
Bersikap Optimis. bergaul dengan orang-orang optimis. Mulailah aktivitas dengan optimis. Menjadikan pengalaman sebagai pelajaran. Bisa memetik hikmah bahwa dari suatu peristiwa yang terjadi itu adalah yang terbaik.
" Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan "
(Qs AL insyirah a 5 )

Wanita yang layak dicintai haus akan ilmu
membaca buku yang bermanfaat. Tiada hari tanpa membaca. Berusaha untuk menghiasi diri kita dengan ilmu, ingatlah bahwa manusia yang hari ini tidak lebih baik dari hari kemaren adalah manusia yang merugi dan sia-sia

Subhanallah...
Apakah kita sebagai wanita sudah termasuk kepada " wanita yang layak dicintai?".. Beruntunglah wanita-wanita sholehah yang telah mengisi hidupnya dengan taqwa, yang menghidupkan Allah dalam jiwanya. sehingga iman menempati pilar kokoh yang membentengi prinsipnya...

Bagi kita yang merasa belum sempurna dan jauh dari seorang wanita yang layak untuk dicintai selayaknyalah kita tidak berputus asa. mulai memperbaiki diri dari hal-hal yang kecil sampai akhirnya jiwa menuntun kita kejalan yang diridhoinya... Sehingga pada akhirnya kitapun menjadi " wanita layak untuk dicintai"....karena tidak ada orang yang luput dari dosa dan kesalahan. 

Tapi marilah kita jadikan kesalahan itu sebagai langkah awal untuk memperbaiki diri dan bertobat atas dosa- dosa. Semoga Allah memberikan petunjuk bagi kita semua... amin

*EZ/13/04/09*

by : Elvi Zuhailina 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar