Minggu, 25 Juli 2010

Optimis dan Semangat Adalah Awal kesuksesan

Berapapun banyak dan beratnya tantangan yang dialami manusia dalam kehidupan, maka harapan harus mengalahkan patah semangat, optimis mengalahkan pesimis, dan cita-cita mengalahkan putus asa, sebagaimana halnya matahari mengalahkan kegelapan.

Optimis adalah salah satu sifat dari pribadi sukses, Yang menanamkan harapan, menguatkan rasa percaya diri dan mendorong semangat kreatifitas dan kerja. Ia adalah ungkapan yang benar tentang pandangan hidup yang positif. Ketenangan hati, bijaksana dan juga semua aktifitas kebaikan yang mengandung makna optimis.

Orang yang optimis melihat kehidupan dengan penuh harapan, baik pada masa sekarang atau masa yang akan datang, juga masa lalu dengan mengambil pelajaran dan hikmah.

Jika langitmu terasa mendung pejamkan matamu, niscaya engakau akan melihat bintang-bintang dibalik mendung.
Jika bumi disekelilingmu sedang tertutup salju, Pejamkan matamu, niscaya engkau akan melihat padang rumput dibawah salju

Rasulullah pernah bersabda : “ Berharaplah dengan kebaikan, pasti kalian akan mendapatkannya”
Betapa indahnya ungkapan sarat makna ini.
Inilah ungkapan yang menyimpulkan sikap dari optimis.
Apakah anda seorang yang Optimis?
Berbahagialah ketika anda termasuk seorang yang dimuliakan Allah.
Berbahagialah bila Anda termasuk hamba pilihannya.
Berbahagialah bila anda termasuk hamba yang dipercaya membagi kasih dimuka bumi.
Berbahagialah bila anda termasuk orang-orang yang menebarkan kebaikan.

Dan anda adalah seorang yang optimis ketika :
Anda meyakini bahwa kebaikan pasti menghasilkan kebaikan.
Anda memberi makan fakir miskin dengan rezeki yang anda dapatkan dari Allah
Anda orang yang meyakini akan ada balasan dari Allah kelak dari setiap perbuatan.
Anda orang yang meyakini bahwa tiada yang sia- sia yang dilakukan dalam sebuah kebaikan.
Andalah orang-orang yang akan mendapatkan balasan di yaumil akhir.
Andalah orang-orang yang telah menginvestasikan hidupnya untuk mendapatkan pertolongan, dimana tidak ada pertolongan lain kecuali pertolongan dari Allah,
Dan itu adalah buah dari kebaikan yang anda tanam saat ini.
Itulah buah dari optimis yang anda lakukan.

Seberapapun kecilnya kebaikan yang dilakukan pasti akan menghasilkan kebaikan. Jangan malu melakukan kebaikan yang kita rasa kecil, bisa saja hal-hal yang kecil dimata manusia menjadi sangat besar dimata Allah, bila dilakukan dengan ikhlas. Dan sebaliknya hal-hal yang besar dimata manusia , bisa menjadi sangat kecil dimata Allah bila dilakukan dengan riya . Hal-hal kecil yang anda lakukan akan menjadi besar bila dilakukan terus menerus.

Jangan kita menuntut ilmu dan melakukan kebaikan karena riya dan jangan pula kita meninggalkannya karena malu, begitu pesan dari orang bijak.

Sesungguhnya kebahagiaan seorang hamba adalah ketika dia bisa menebarkan kebaikan pada orang lain. Mengabdikan hidupnya untuk orang lain. Melihat keberhasilan orang lain yang berada diluar dirinya.
Dan kesedihan seorang hamba adalah ketika dia tidak memberi manfaat pada orang lain.
Adanya dia atau tidak adanya dia tidak memberi pengaruh apa-apa bagi kehidupan.

Optimislah ! Karena dibalik kejahatan pasti ada kebaikan
Optimislah ! karena dibalik kesulitan pasti ada solusi
Optimislah ! karena dibalik kegagalan pasti ada kesuksesan
Optimislah ! karena bersama kesulitan terdapat kemudahan dan jalan keluar akan datang setelah kesempitan
Optimislah ! kerena betapapun pahitnya kenyataan pasti ada manisnya harapan.
Bersikap Optimislah dan jangan putus asa , serta berbaik sangkalah pada Rabb-mu serta harapkanlah segala kebaikan dan keindahan dari-NYA

Tidak ada orang besar dalam sejarah yang mendapatkan kedudukan tinggi dan derajat mulia kecuali dia memiliki kepribadian yang kuat dan semangat membara untuk mencapai derjat tertinggi. Yang terlihat dari sisi yang kuat dari kepribadian mereka, menyinari hidup mereka dan menguasai esensi mereka. Kepercayaan diri yang dalam akan memberikan kekuatan yang mereka miliki. Mereka berada dalam keselamatan akhlak yang sempurna , yang terbentuk sebagaimana kita membentuk dan menjaga kesehatan badan. Mengikuti metoda tertentu dan menjalani latihan-latihan khusus agar selalu berada di Jalan-NYA.

Untuk mendapatkan keselamatan akhlak adalah dengan sikap optimis dengan penuh kesadaran dan pemahaman. Optimis bisa mengantar kepada kebahagiaan dan kesuksesan bila disertai dengan keseriusan, konsisten , peningkatan usaha dan efektivitas.
Bila optimis hanya sekedar untaian harapan dan impian tanpa usaha, maka sangat disayangkan hasilnya pun hanya sebuah kekecewaan dan kesedihan.

Diantara bentuk kebahagian adalah menang dalam menghadapi tantangan dan mengalahkan kesulitan, yang merupakan awal dari kesuksesan. Seseorang yang saleh dan optimis akan mampu menghadapi tantangan dan membukakan pintu harapan.

***
Jauhilah sikap cemas dan bimbang karena ia adalah racun, Hindari sikap mudah menyerah karena itu berarti kebinasaan. Buanglah jauh-jauh sifat malas karena ia menjerumuskan kepada kegagalan. Hindari sikap tidak konsisten , baik dalam berkata maupun berbuat karena sesungguhnya ia bersumber dari rendahnya manajemen diri ( Aidh Al-qarni)

Lakukan yang terbaik yang bisa anda lakukan, dengan segenap kemampuan, dengan cara apapun, dimanapun, kapanpun, kepada siapapun, sampai anda tidak mampu lagi melakukannya ( John Wesley )



Tidak ada komentar:

Posting Komentar