Sabtu, 21 Agustus 2010

Amalan Tertolak

Berkata Syaddad bin Aus;
Aku melihat Rasulullah sedang menangis
Aku menanyakan apa yang menyebabkannya


Lalu dijawablah dengan sabdanya:
Aku khawatir umatku kemasukan syirik
Bukan syirik mereka menyembah berhala

Tapi syirik melakukan amal ibadah riya'


Pernah malaikat Hafadzah naik
Disertai 3000 malaikat
Membawa amal-amal manusia
Amal puasa , zakat dan sedekahnya


Suara malaikat itu gemuruhnya bagai lebah
Cahaya zatnya bagai matahari


Dilangit ketujuh
Mereka disambut malaikat penjaga langit
"Tamparkan amal-amal yang kau bawa
ke wajah-wajah pelakunya
Aku melarang dan mencegah
naiknya tiap-tiap amal
Yang tidak diperuntukkan bagi Allah
Yang dilakukan secara riya'
Yang semata mengharap puji orang banyak
Yang namanya disebut-sebut banyak ulama
Amal semacam itu tidak akan kubiarkan melalui aku."


Malaikat hafadzah berdiri tegar
Tetap membawa amalan ditangan kanan-kiri
Ia terus naik kelangit kehadapan Illahi


Dengan tambahan iringan malaikat- malaikat langit
Mereka mencapai dinding-dinding yang mesti ditembus
Lalu sampailah dihadapan Tuhan Allah diatas 'Arsy


Mereka menyampaikan kesaksiannya
Bahwa amal yang dibawanya amal Shaleh
Yang dilakukan dengan Ikhlas hati karena Allah


Tapi Allah menolak kesaksian malaikat hafadzah
dengan firmannya :


"Kamu hanya hafadzah
Pencata amal hamba-Ku
Sedang yang mengetahui isi hatinya hanya Aku


Amal-amal manusia yang kamu bawa tidak diniatkan untuk Aku
Tapi diniatkan untuk riya kepada Orang
Maka kepada pelakunya
Kujatuhkan laknat-Ku
Laknat malaikat-malaikat-Ku
Dan laknat segenap langit beserta isinya "




(M.I.F Baihaqi, Diluar mahkamah akal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar