Sabtu, 21 Agustus 2010

KEPRIBADIAN POSITIF MENCIPTAKAN PRIBADI YANG SUKSES

Apa yang anda alami hari ini adalah dampak dari pikiran anda kemaren.
Apa yang akan anda alami esok hari adalah dampak dari pikiran anda hari ini.
Pikiran yang sedang anda bayangkan saat ini sedang menciptakan kehidupan masa depan anda



Anda berpikir bisa atau tidak bisa, dua-duanya akan benar.
Bila anda berpikir bisa , InsyaAllah anda bisa.
Tetapi bila anda berpikir tidak bisa , InsyaAllah anda tidak bisa.
Tak kan ada yang dapat menghentikan orang yang bermental positif Untuk mencapai tujuannya, Sebaliknya, tak ada sesuatupun di dunia ini yang dapat membantu seorang yang sudah bermental negatif.
Ada sepuluh sifat utama yang menjadi ciri khas kepribadian positif.
Sifat yang akan membantu kita mewujudkan cita-cita , serta memberi kebahagiaan, ketenangan dan ketentraman jiwa.

1. Beriman , memohon bantuan dan tawakal kepada Allah

Kepribadian positif adalah kepribadian yang beriman kepada Allah, tawakkal dan meminta pertolongan kepada-Nya di setiap waktu
Allah berfirman, “KEMUDIAN APABILA KAMU TELAH MEMBULATKAN TEKAD MAKA TAWAKKALLAH KEPADA ALLAH. SESUNGGUHNYA ALLAH MENYUKAI ORANG-ORANG YANG TAWAKAL KEPADA-NYA (Ali Imran : 159)


2. Nilai-Nilai luhur

Pribadi yang sukses hidup dengan nilai-nilai luhur. Sebesar apapun pengaruh dan godaan, ia akan selalu menjauh dari perilaku negatif, seperti bohong, menggunjing, mengadu domba, merokok , serta segala yang membahayakan kesehatan dan menjauhkan dari Allah.

3. Cara Pandang Yang jelas

Pribadi yang sukses tahu betul apa yang diinginkan dalam waktu yang pendek, menengah dan panjang. Ia tahu kapan menginginkan sesuatu, kapan menginginkannya, dan bagaimana cara mendapatkannya dengan mengarahkan segala potensi yang ada . ia selalu merencanakan aktivitasnya dengan fleksibel hingga berhasil mewujudkan apa yang ia inginkan.

4. Keyakinan dan Proyeksi Positif

Pribadi positif tahu betul kekuatan hukum keyakinan dan prediksi. Ia menyadari sepenuhnya bahwa segala sesuatu yang diyakini dan diproyeksikan mewujud sesuai dengan keyakinan dan proyeksi itu. Keyakinan dan proyeksi ini terkait erat dengan iman pada Allah dan dengan pengetahuan bahwa Allah tidak akan menyia-nyiakan pahala bagi orang-orang yang berbuat baik.

5. Selalu Mencari Jalan Keluar Dari Berbagai Masalah

Pribadi Yang Sukses mengetahui kekuatan hukum konsentrasi dan cara mengesampingkan hal –hal lain agar tetap Fokus pada sesuatu yang diinginkan. Karena itu , ia menyiapkan konsentrasi pada berbagai kemungkinan jalan keluar. Ia mengetahui bahwa segala masalah pasti ada penyelesaian nya secara spiritual.
Ia hadapi segala sesuatu dengan santai kemudian dipahami secara positif.
Ia terus berpikir seperti itu, apapun pandangan orang lain dan pengaruh yang ada, sampai ia benar-benar berhasil menemukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

6. Belajar dari masalah dan kesulitan

Pribadi yang sukses tidak hanya fokus pada pemecahan masalah, tapi bagaimana dapat mengambil pelajaran dari setiap masalah yang dihadapi. Pelajaran itu akan dia gunakan untuk merencakan masa depan. Dengan demikian , ia mengolah masalah menjadi keahlian, ketrampilan dan pengalaman yang dapat diandalkan.

7. Tidak Membiarkan Masalah dan Kesulitan mempengaruhi hidupnya

Ada tujuh aspek kehidupan utama , yaitu spiritualitas, kesehatan, individual , keluarga , sosial, karier dan finansial. Ketika pribadi positif menghadapi masalah keuangan atau karir, ia tidak akan rela membiarkan masalah tersebut mempengaruhi aspek kehidupan yang lain. Ia sikapi segala masalah dengan wajar dan tidak berlebihan. Karena itu, hidupnya menyenangkan dan selalu dapat menemukan jalan keluar dari masalah yang dihadapi.

8. Percaya Diri, Menyukai Perubahan, Dan berani Menghadapi Tantangan

Pribadi yang sukses tahu betul bahwa perubahan tidak dapat dihindari. Karena tahu tujuan yang diinginkan, ia menyusun rencana berdasarkan segala kemungkinan, lalu direalisasikan dalam tindakan nyata. Ia juga selalu melakukan evaluasi dan memperbaiki : belajar dari kesalahan lalu melakukan sesuatu dengan kepercayaan pada Allah sepenuhnya.

9. Hidup Dengan Cita-Cita , Perjuangan dan Kesabaran.

Pribadi yang sukses tahu betul bahwa tanpa cita-cita pasti hidup ini terasa sangat sempit. Tanpa cita-cita seseorang akan hilang ditelan gelombang kesulitan, perasaan negatif, pikiran negatif dan berbagai aneka penyakit kejiwaan atau fisik.
Pribadi yang sukses tahu bahwa cita-cita adalah fondasi kemajuan. Tanpa cita-cita segala sesuatu akan terhenti.
Tanpa perbuatan dan perjuangan, kemajuan tidak akan pernah terjadi.Karena itu pribadi yang sukses selalu berusaha keras dalam mengejar cita-cita dan menghadapi tantangan hidup. Ketika ia berpikir tentang segala kemungkinan , ia bersabar menghadapi kesulitan yang terjadi. Karena dasar kepribadiannya adalah cinta pada Allah, tawakal pada-Nya dan yakin bahwa Dia tidak akan menyia-nyiakan pahala bagi orang yang berbuat baik.

10. Pandai bergaul dan Suka Membantu Orang lain

Pribadi yang sukses suka bergaul dengan siapa saja dan ia dekat dihati siapa saja. Ia juga menyukai cara-cara positif, seperti menghormati orang lain hingga mudah diterima, dan tidak pernah berusaha menguasai orang lain. Ia mencintai orang lain dan suka membantu mereka. Tangan nya selalu terulur untuk membantu siapa saja, bantuan harta, waktu, atau pelajaran.
Kepribadian yang sukses tahu betul bahwa orang bisa mati, tapi pikirannya akan tetap hidup dan membantu orang lain. Karena itu dia tidak pelit untuk memberikan bantuan.

Sudah barang tentu banyak sikap terpuji yang dimiliki oleh orang dengan kepribadian yang sukses. Mari kita memilih dan mengambil sifat apapun yang kita anggap cocok untuk mendukung mencapai kemajuan dalam setiap aspek kehidupan kita.Bagaimana dia mempe-ngaruhi seluruh aspek kehidupan kita, baik itu positif atau negatif

Selamat menjalani kepribadian Yang positif untuk menjadi PRIBADI YANG SUKSES !

(Saduran bebas dari ; Dr Ibarahim Elfiky ( Maestro Motivator muslim Dunia)
“Terapi Berfikir Positif”)
BC23022010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar