Senin, 02 Februari 2009

Cinta Itu Memberi

Perjalanan "Untukmu Ananda" ternyata mengundang banyak orang. Salah satunya Pak Haji pengurus masjid yang bertandang ke rumah kami. Pak Haji nampak keheranan melihat semangat anak-anak ananda yang datang belajar bahasa inggris siang itu.

Kami berdiskusi banyak tentang Agama dan Ananda. Saya katakan pada pak haji bahwa kami ananda bukanlah mengajarkan mereka menjadi peminta-minta dengan memberikan uang atau voucher belanja yang konsumtif namun kami membangun diri (self of development) mereka agar mereka mandiri dan memiliki tujuan hidup yang mulia kelak mereka juga berkontribusi ditengah masyarakat. Konsep kami adalah berkontribusi bersama yaitu membantu sekolah dan membina dalam bentuk pelatihan, kegiatan untuk ketrampilan melibatkan anak-anak ananda, orang tua ananda, teman2 pengurus dan relawan semuanya terlibat dengan berkontribusi pada kemampuan dan bidangnya masing2.

Seperti Ibunya hasbi, seorang guru matematika memberikan bimbingan untuk anak-anak setiap dua minggu sekali pelajaran matematika. Mbak Nani juga memberikan bimbingan belajar bahasa inggris tiap hari minggu. Ibunya Rio yang juga menyumbangkan kue cincin pada acara "silaturahmi bersama ananda." Juga Mbak Nisa yang membantu memberikan hadiah untuk anak-anak ananda. Sementara anak-anak ananda berkontribusi pada setiap kegiatan turut serta menjaga kebersihan rumah ananda, seperti mantika menyapu halaman teras, Icha membantu mengepel, Hendrik sebagai kepala tugas kebersihan setiap hari minggu bagian membuang sampah.

Rumah Ananda adalah rumah cinta. dimana setiap orang yang berada di dalamnya senantiasa saling memberi. bahkan banyak orang yang terlibat dalam rumah ananda sekalipun secara fisik mereka tidak hadir namun cinta dan kasih sayangnya kami rasakan dalam kontribusi mereka. sebab cinta adalah memberi, cinta adalah berkontribusi.

"Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini mendapat pembalasan yang baik. Dan sesungguhnya kampung akhirat adalah lebih baik dan itulah sebaik-baik tempat bagi orang yang bertakwa." (QS 16:30).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar